Selasa, 11 Desember 2012

Bagaimana itu Hidup?

Kehidupan adalah sebuah proses yang mutlak dialami bagi setiap umat manusia yang telah dilahirkan didunia.
Hidup' ditentukan dari bagaimana cara kita bersikap dan bertindak dalam setiap momen yang dihadapi. Dalam kehidupan selalu ada perbedaan yang membuat suatu problem satu sama lain, terlepas dari hal tersebut dapat dikaitkan dengan sebuah kalimat singkat dengan penuh makna "perbedaan itu indah, tapi apakah semua perbedaan itu indah?"

Dengan berbagai alasan, saya pribadi sering mempertanyakan hal tersebut, tentunya dengan alasan yang rasional, tapi dengan berbagai problema kehidupan yang dialami tentu memiliki kesan tersendiri. Tidak semua dari problem dapat teratasi dengan baik dan sesuai dengan harapan yang sebenarnya yang disebabkan oleh adanya perbedaan, sehingga pertanyaan kembali muncul "tidak selamanya perbedaan itu indah, entah dapat dinilai dari segi apa?"

Tidak ada satupun insan didunia ini yang hidup tanpa mengalami problem, tapi dari situlah kita dapat belajar bagaimana dapat bertindak lebih baik dan bijak. Dikaitkan dengan sebuah pepatah "belajar dari pengalaman"

Setiap problem yang ada akan membawa kita pada kondisi yang sulit, baik dalam menjalaninya sampai pada puncak pemecahan masalahnya. Satu-satunya alasan yang membuat kita dapat bertahan dengan "BERSYUKUR" kata yang sangat singkat namun mempunyai makna yang luar biasa bagi yang memahaminya karena tidak cukup hanya diketahui. Ada seorang teman yang pernah mengatakan kepada saya bahwa ketika kita dapat mensyukuri kondisi yang ada maka akan muncul hikmah-hikmah baru yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Hidup hanyalah sebuah siklus dan kita "bermain" didalamnya, masa yang akan datang tidak ada satupun manusia yang dapat mengetahui dan menentukannya, semua yang berkaitan dengan masa yang akan datang masih Misteri.

Sampai saat ini saya meyakini bahwa "apa yang kita lakukan saat ini merupakan gambaran dimasa yang akan datang" terlepas dari hal tersebut tentu akan menumbuhkan kesadaran untuk terus berusaha hari esok harus lebih baik dari hari ini. Pada dasarnya hampir semua orang dapat menguasai dari segi teori namun dalam perealisasiannya hanya sekian persen yang mampu.

Teringat dari sebuah buku yang pernah saya baca "Chairul Tanjung si anak singkong" beliau yang sukses menginspirasi ribuan bahkan jutaan orang didunia ini dari tiada menjadi ada, dari nobody tidak diperhitungkan orang menjadi somebody diperhitungkan banyak orang. Ada banyak kisah dan pernyataan beliau yang membuat pembacanya mengangguk-angguk namun hanya sekian yang dapat saya kutip.
'Tidak ada kesuksesan yang luar biasa tanpa usaha yang luar biasa pula'
'tidak ada kesuksesan semudah membalikkan telapak tangan, semua butuh kerja keras'

Terlepas dari hal tersebut yang semakin memperjelas perbedaan problem yang dialami manusia dan bagaimana dapat berhasil keluar dan menjadikan problem sebagagai tangga untuk mencapai sebuah kesuksesan. Sampai pada titik akhir bahwa pada hakekatnya semua manusia yang hidup didunia membutuhkan "KEBAHAGIAAN" itu sudah menjadi hal mutlak. Kebahagiaan merupakan puncak pencarian orang hidup didunia, dimana kebahagiaan merupakan gabungan antara rasa aman dan nyaman.

Tulisan ini hanyalah bagian dari siklus kehidupan yang pernah saya alami sehingga menumbuhkan kesadaran untuk berbagi dengan sesama, bukanlah menjadi sebuah acuan gambaran kehidupan. Tentu kita mempunyai warna kehidupan yang berbeda yang membentuk pribadi masing-masing.

Hidup ini indah kawan, jadi syukuri segala sesuatu yang dimiliki saat ini karena belum tentu orang lain seberuntung kita hari ini... Be your self

                                                                                                                                    --ASRIADI--


0 komentar:

Poskan Komentar